Selasa, 02 September 2014

E-Business Sebagai Solusi Karier Mahasiswa

Salah satu unsur dalam masyarakat yang dianggap sebagai kaum intelektual, tidak lain adalah mahasiswa. Ekpektasi terhadap mahasiswa oleh masyarakat sangat besar. Tidak sedikit dari masyarakat bahkan menjadikannya sebagai salah satu “pahlawan rakyat” yang senantiasa bersuara dan berbicara ketika masyarakat mengalami masalah khususnya terhadap kebijakan penguasa yang dianggap tidak berpihak kepada rakyat. Namun harus disadari bahwa mahasiswa juga adalah masyarakat biasa yang memiliki banyak kebutuhan sebagaimana masyarakat pada umumnya.
Sebagai bagian dari masyarakat tentunya mahasiswa akan terlibat dengan berbagai macam masalah diantaranya masalah politik, sosial dan budaya termasuk dalam masalah ekonomi yang akan menjadi pembahasan dalam tulisan ini. Sehingga mahasiswa sebagai makhluk sosial harus berfikir dan belajar bagaimana cara mengembangkan dirinya agar bisa bertahan menyandang gelarnya sebagai seorang mahasiswa.   
Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan meningkatnya biaya kuliah dan biaya lainnya di perguruan tinggi sekarang menjadi lebih dari penting untuk mahasiswa yang terikat dengan kuliah untuk memulai berbisnis sendiri. Betapa tidak, dulu mahasiswa dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan paruh waktu. Namun karena ekonomi global yang kian buruk saat ini menyebabkan pekerjaan yang ada sekarang jauh lebih sedikit, belum lagi kompetisi yang semakin ketat ditambah dengan adanya otomatisasi teknologi yang menggantikan peran manusia.
Jadi, kuncinya adalah menerima realitas ekonomi baru dan mempersiapkan diri untuk bertahan hidup bahkan dalam menghadapi kondisi yang sangat berat. Bukan lagi waktunya mendapatkan sumber dana dari penghasilan orang tua. Mahasiswa harus mampu berpenghasilan sendiri, membangun bisnis sendiri bahkan menjadi seorang entrepreneurship untuk kepentingan dirinya, keluarga dan Negara. Menjadi entrepreneurship dimasa muda adalah sebuah kebanggaan yang luar biasa.
Mahasiswa bisa mencapai prestasi karir yang bagus jika mereka membuat langkah strategis yang tepat. Berbisnis di perguruan tinggi akan membuat kita siap untuk sukses. Ada banyak peluang bisnis yang dapat dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan di kemudian hari. Hanya harus dimulai dengan semangat dan giat untuk melakukan sesuatu. Tidak sedikit mahasiswa telah membuktikan diri bisa sukses dari bisnis yang mereka kerjakan sembari megerjakan studi mereka di perguruan tinggi.

Peluang Mahasiswa Dalam Bisnis
Sekalipun mahasiswa memiliki kesibukan yang tergolong besar dalam menjalani studi di perguruan tinggi namun bukan berarti mahasiswa tidak punya waktu berbisnis. Tetap saja ada peluang bagi mereka untuk mengembangkan karir dalam dunia bisnis. Namun harus diketahui bahwa tidak semua model bisnis bisa dikerjakan oleh mahasiswa. Mahasiswa harus pandai mencari model bisnis yang cocok untuk mereka. Model bisnis yang tidak berbenturan dengan aktifitas mereka sebagai seorang mahasiswa.
Model bisnis dapat dibagi dalam 2 jenis yaitu bisnis tradisonal dan bisnis digital. Bisnis tradisional ini dijalankan dengan transaksi tatap muka langsung tanpa perantara antara penjual dan pembeli. Sementara bisnis digital menggunakan media digital sebagai perantara transaksi. Masing-masing model memiliki tingkat peluang yang berbeda. Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh BIA/Kelsey's menunjukkan peluang dari kedua model bisnis ini.



Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa peluang bisnis untuk model digital kedepan jauh lebih besar ketimbang model bisnis tradisional. Ini bisa menjadi bahan referensi bagi mahasiswa yang  ingin kuliah sambil berkarir dengan memilih bisnis model digital.
Model bisnis digital yang ada saat ini memang sangat popular. Terbukti dengan penggunaan digital hampir diseluruh sektor kehidupan. Keberadaan Televisi, Internet dan media - media digital yang lain telah menggantikan proses penyebaran informasi  tradisional dan membantu proses binis dengan cepat di dunia. Berikut tingkat peran media digital masa depan.


Data diatas menunjukkan jumlah yang signifikan dari media-media digital dan terlihat jelas internet sebagai media penyebar informasi dengan tingkat peran tertinggi dari semua media digital populer yang ada terdapat pada media internet yang pada tahun 2007-2011 mencapai 18,3 %. Ini menunjukkan peluang dari bisnis “dunia maya” ini menjadi besar untuk mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

Internet dan Bisnis
Sebagai mahasiswa ada banyak macam bisnis yang bisa dikerjakan melalui fasilitas internet. Memilih bisnis ini tergantung dari kemampuan dan minat yang kita punya. Salah satu pilihan bisnis yang bisa diambil sebagai mahasiswa adalah dengan mengambil e-business.
E-Business atau Electronic Business dapat didefenisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan atau jasa dengan memanfaatkan media internet sebagai medium komunikasi dan transaksi. Jadi, setiap transaksi yang kita lakukan melalui media internet, pada dasarnya kita telah menggunakan e-business atau sering orang menyebutnya bisnis online.
Bisnis yang sebelumnya dilakukan manusia (transaksi tradisional) dirasa sangat kurang. Transaksi yang dilakukan antara pihak pembeli dan penjual mengharuskan penetapan tempat dan waktu khusus. Lain halnya dengan e-business, transaksi jual beli dilakukan secara otomatis melalui internet. Implementasinya bisa berupa pemasangan iklan dan mengajak orang untuk membeli produk kita.
Dalam proses e-business, ada lima kemungkinan bentuk relasi bisnis berdasarkan transaksinya, yakni PertamaBusiness to Business atau B2B yaitu perdagangan sesama pelaku usaha. KeduaBusiness to Consumer atau B2C yaitu perdagangan yang dilakukan pelaku usaha dengan konsumen. KetigaConsumer to Consumer C2C yaitu perdagangan sesama konsumen. KeempatConsumer to Business C2B yaitu perdagangan antar konsumen dengan pelaku usaha. KelimaIntrabusiness e-business yaitu perdagangan dalam lingkup intranet perusahaan.
Sasaran dari e-business adalah masyarakat luas. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya. e-business ini memiliki peluang pendapatan besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.

Adapun strategi e-business dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu:
  • Costumer Relationship Management (CRM) Yaitu Strategi bisnis dari layanan dan software yang didesain untuk meningkatkan keuntungan pendapatan dan kepuasan pelanggan.
  • Enterprise Resource Planning (ERP) Yaitu Strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang digunakan untuk koordinasi sumber daya, informasi yang digunakan untuk proses bisnis.
  • Enterprise Application Program (EAI) Yaitu Strategi bisnis dan konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan pertukaran data antar perusahaan.
  • Supply Chain Management (SCM) Yaitu Strategi manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.  
Keuntungan E-business
E-Business memiliki banyak sekali keuntungan dibanding dengan bisnis tradisonal. Berikut beberapa keuntungannya. PertamaLingkup penjualan tidak hanya lokal tapi juga sampai kepada tingkat nasional bahkan sampai dunia. Kita bisa meraih banyak pelanggan yang bervariasi dari berbagai wilayah didunia yang tentunya akan memberikan keuntungan yang besar. Kedua: Penghematan biaya pada banyak bidang, diantaranya penghematan biaya promosi, distribusi, dan termasuk proses penyimpanan dan akses informasi. Ketiga: Menekan waktu proses penyebaran informasi yang jauh lebih sedikit. KeempatTidak harus memiliki kantor yang besar, karena bisnis online bisa dijalankan melalui rumah. KelimaLebih tepat sasaran karena yang datang kepada kita adalah orang-orang yang betul-betul berminat untuk berbisnis dengan kita.

Namun dibalik keuntungan yang ada dari e-business juga terdapat beberapa masalah yang harus diperhatikan diantaranya:
1.   Kerahasiaan Data Pengguna
Kerahasian data atau informasi pengguna menjadi sangat penting. Artinya informasi pribadi ini bisa diakses dengan aman dan nyaman oleh penggunanya sendiri. Setiap catatan pribadi, persoalan harga hanya boleh di upgrade oleh penggunanya sendiri.
2.   Keaslian Data
Sangat suli untuk menjaga keaslian sebuah data transaksi, mengingat data ini sangat mudah dirubah dan disalin karena sistem ini tersebar keseluruh dunia. Pihak pembeli dan penjual tentunya menginginkan setiap transaksi yang dilakukan tidak merugikan mereka. Ketika pembeli melakukan pemesanan tentunya data pesanan diharapkan asli, begitupun sebaliknya penjual juga berharap transaksi pembayaran juga asli bukan palsu. Pembuktian keaslian biasanya dilakukan dengan menggunakan kata kunci rahasia atau menggunakan pengenal suara.
3.   Integritas Data
Ini berkaitan dengan jaminan kesamaan data yang dikirim dengan data yang diterima. Dalam bisnis online harus ada keyakinan bahwa paket data tidak mengalami perubahan selama dalam pengiriman data, baik disengaja maupun tidak disengaja. Untuk itu diperlukan sebuah pengamanan yang bisa melindungi  data yang disimpan dari perilaku pembajakan atau akses data yang tidak sah.
4.   Bukti Transaksi
Keberadaan bukti transaksi dalam bisnis online juga sangat penting. Setiap transaksi yang telah dilakukan harus memiliki bukti yang jelas, sehingga tidak ada penyangkalan dari salah satu pihak (penjual atau pembeli) setelah transaksi selasai dilakukan.

Implementasi E-business bagi Mahasiswa
Dari fenomena e-business dan penjelasan diatas maka tidak sulit bagi mahasiswa untuk mngembangkan bisnis ini. Dengan catatan sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya bahwa harus bisa bekerja efisien dan efektif, tidak takut terhadap setiap resiko dan memiliki mimpi untuk sukses. Berikut beberapa contoh bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sembari menjalankan aktifitasnya di kampus, antara lain:

  • Membuat website, blogsite atau situs yang ramai pengunjung dan mendaftarkannya pada google adsense. Bahkan bisa sekaligus menawarkan jasa pembuatan website.
  • Memanfaatkan  website atau akun jejaring sosial kita untuk pemasangan iklan dari barang yang akan kita jual. Ini banyak kita temukan saat ini, mengambil gambar barang yang akan dijual kemudian memasukkannya ke dalam website kita.
  • Menjual produk-produk informasi yang dibuat dalam bentuk digital, e-book, image, audio, video, software dan sebagainya. Ini juga akan mendatangkan banyak keuntungan.
  • Ikut dalam affiliate program yaitu membantu orang lain untuk menjualkan barang mereka dengan imbalan komisi yang jumlahnya bervariasi dari penjualan tersebut. Jadi, kita tidak harus memiliki barang sendiri.
  • Ikut dalam kegiatan survey diinternet yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar yang sedang melakukan study. Dari situ kita juga akan mendapatkan bayaran.      
  • Membuat tulisan diinternet juga memiliki peluang bisnis yang besar. Banyak perusahaan yang menawarkan jasa menulis diinternet. Apalagi mahasiswa yang identik dengan tulisan.
  • Salah satu bisnis terbaru diinternet adalah binis pulsa. Kebutuhan masyrakat akan pulsa saat ini terbilang sangat banyak. Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.


Daftar Rujukan:




Tidak ada komentar: